feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Alamat internet pake Huruf JAWA ?!?

Labels:




Barusan pas lagi mau cek email di yahoo saya liat judul Yahoo! News yang menarik, judulnya begini...
"Huruf Arab dan Nonlatin Lain Bisa Digunakan Sebagai Alamat Internet"

Ini kutipan dari isi beritanya ...

TEMPO Interaktif, Seoul - Huruf Arab dan nonlatin lain--seperti Cyrillic (Rusia), Ibrani (Israel), Hindi (India), Kanji (Jepang dan Cina), atau bahkan mungkin Jawa--bakal bisa digunakan sebagai alamat Internet. Saat ini seluruh alamat Internet mesti menggunakan huruf Latin sehingga sekitar separuh penduduk bumi kesulitan.

Persetujuan huruf nonlatin ini bisa digunakan, diputuskan dalam pertemuan lembaga nirlaba dunia pengawas Internet yakni Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN mengadakan pertemuan enam hari di Seoul, Korsel, dan pada Jumat (30/10) memutuskan soal huruf nonlatin.

Para pejabat ICANN mengungkapkan bahwa mungkin awal tahun depan sudah ada sejumlah aksara nonlatin sebagai alamat Internet. Aksara in kemungkinan huruf Cina, Arab, atau Rusia yang memang sudah lama menuntut.

Huruf Latin digunakan sebagai alamat internet karena alasan sederhanan. Internet dikembangkan di Amerika Serikat dan negeri itu menggunakan huruf Latin.

Di Cina, misalnya, Google menggunakan alamat Google.cn. Warga Cina, meski membaca dan mengetik pencarian kata dengan huruf Cina, mesti mengetikkan alamat dengan huruf Latin yakni Google.cn. Dengan peraturan baru ini, Google.cn bisa diubah dengan aksara Cina dan warga Cina tidak perlu lagi mengubah mode keyboard dengan mode Latin.

Begitu pula pengguna mesin pencari Arab, arabo.com. Para pengguna mesti menulis "arabo.com" meski seluruh isi situs ini--dan saat mengetik kata yang dicari--menggunakan aksara Arab.

Wah kemajuan yang bagus bagi dunia internet, dan pengembang program dan jasa translasi (^_^).

Tapi kira - kira klo di implementasiin di Indonesia gimana yah?kan bahasa daerah dan penulisan di Indonesia juga udah banyak macamnya, dan ga semua orang ngerti baca tulisan daerah lain...

Boro - boro tulisan daerah lain..tulisan daerah sendiri aja saya yakin pada ga ngerti en apal cara nulisnya gimana, iya kan?hehe..

Tapi biar bagaimanapun ini tetap kemajuan bagi perkembangan dunia internet..jadi para programmer punya kerjaan baru nih, bikin program yang bisa translate Huruf2 lain ke huruf Latin biar bisa dibaca oleh pengguna Internasional...

Ada programmer Indonesia yang berminat?hehe..

0 comments:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment